Senin, 30 November 2015



TUGAS KU
Nama: LIMAN HAMIDA
Nim: 13010101091
Fakultas: Tarbiyah/PAI. V.B
A.     Pengertian Evaluasi, Penilaian dan Pengukuran
1.      Pengertian Evaluasi
       Evaluasi berasal dari kata to evaluate yang berarti menilai. Nilai dalam bahasa arab di sebut al-qimat. 
Jadi secara Istilah evaluasi berasal dari bahasa Inggris yaitu Evaluation yang artinya penilaian.

       EVALUASI juga merupakan “Handbook on formative and summative evaluation of student learning”, yang artinya Evaluasi adalah pengumpulan bukti-bukti yang cukup untuk dijadikan dasar penetapan ada tidaknya perubahan yang terjadi pada anak didik.
Evaluasi pendidikan dalam islam dapat diberi batasan sebagai suatu kegiatan untuk menentukan kemajuan sutu pekerjaan dalam proses pendidikan islam. (Nizar,2002:77)
Dalam ruang lingkup terbatas, evaluasi dilakukan dalam rangka mengetahui tingkat keberhasilan pendidik dalam menyampaikan materi pendidikan islam pada peserta didik .
Sedang dalam ruang lingkup luas, evaluasi dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan tingkat kelemahan suatu proses pendidikan islam(dengan seluruh komponen yang terlibat didalam nya) dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan .
       Dari  pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Evaluasi adalah proses menentukan nilai suatu objek tertentu berdasarkan suatu criteria tertentu, di mana objeknya adalah hasil belajar siswa dan kriterianya adalah ukuran ( sedang, rendah, tingginya ).
      JUGA evaluasi pendidikan berarti seperangkat tindakan atau proses untuk menentukan nilai sesuatu yang berkaitan dengan dunia pendidikan .

2.      Pengertian Penilaian
Penilaian dalam pendidikan dimaksudkan untuk menetapkan berbagai keputusan kependidikan, baik yang menyaangkut perencanaan pengelolaan, proses dan tindak lanjut pendidikan, baik yang menyangkut perorangan, kelompok maupun kelembagaan (Depdikbud,1983/1984:1).
Maka Tindakan penilaian tidak  terlepas dari evaluasi. Masing-masing memiliki hubungan keterkaitan antara keduanya.

3.      Pengertian Pegukuran
Disamping evaluasi terdapat pula istilah measurementmeasurement berasal dari kata to measure yang berarti mengukurmeasurement berarti perbandingan data kualitatif dengan data kuantitatif  yang lainnya yang sesuai dalam kerangka mendapatkan nilai (angka). (Qahar ,1972:7) 
pengukuran dalam pendidikan adalah usaha untuk memahami kondisi-kondisi objektif tentang sesuatu yang akan dinilai. Dalam pendidikan islam, evaluasi akan objektif apabila didasarkan dengan tolak ukur Al-Qur’an atau Hadits.

Namun demikian, Menurut suharsimi arikunto (1955:3) membedakan tiga istilah tersebut, yaitu pengukuran, penilaian, dan evaluasi.
Ø  pengukuran adalah membandingkan sesuatu dengan suatu ukuran. pengukuran ini bersifat kuantitatif. 
Ø  penilaian adalah mengambilan suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk secara kualitatif.
Ø  Sementara evaluasi adalah  mencakup pengukuran dan penilaian secara kuantitatif.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar